Apple iPhone 11, iPhone 11 pro dan iPhone 11 pro Max
Apple iPhone 11, iPhone 11 pro dan iPhone 11 pro Max

Apple iPhone 11 Series Resmi Dirilis – Lebih Dari Sekedar Upgrade?

Diposting pada

Last Updated on 20 Oktober 2019 by Yudha G.

Apple iPhone 11 Series Resmi Dirilis, Lebih dari sekedar upgrade? – Apple telah merilis generasi terbaru iPhone. Yaitu iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 pro Max. Hal ini sekaligus menjawab berbagai spekulasi para netizen tentang seperti apa desain dari iPhone seri teranyar ini. Melalui berbagai link image yang banyak beredar di berbagai media sejak beberapa bulan lalu. Yang ternyata desain yang selalu digembar-gemborkan berbagai media ternyata menjadi kenyataan. 

Peluncuran

CEO Apple Tim Cook sebelum memulai membahas tentang iPhone 11 series, terlebih dahulu membahas berbagai layanan baru mereka seperti apple Arcade dan apple TV+. Yang menurut kami sangatlah menarik karena dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu $ 4.99 perbulan. Bayangkan kita dapat memainkan ratusan game iOS hanya seharga berlangganan apple music. Tampak jelas Apple tidak ingin kehilangan ekosistem mereka terhadap Android dengan melakukan sedikit ‘obral’ media layanannya tersebut. Kemudian selanjutnya Tim Cook menjelaskan iPad generasi 7 dan smartwatch Apple terbaru seri 5.

Baca juga: Vivo V17 Pro – Jagoan Baru Vivo dengan 6 Kamera

Desain Apple iPhone 11

Dan akhirnya iPhone 11 series diumumkan. Seperti yang kita lihat, iPhone 11 punya bentuk desain yang nyaris sama dengan iPhone XR, Body serupa, masih tetap pakai notch dengan teknologi display yang sama juga dengan iPhone XR yaitu Liquid Retina Display berukuran 6,1 inci. Masih tetap pakai port lightning dan tetap bergantung pada face ID untuk segi keamanannya. 

Advertisement
Selain itu terdapat juga 6 jenis pilihan warna yang nampaknya iPhone 11 ini sengaja dibuat untuk mengekor kesuksesan iPhone XR. Pada bagian speakernya sudah dilengkapi surround speaker Dolby Atmos.

Perbedaan yang paling signifikan dalam sisi desain kali ini jelas terletak pada desain kameranya yang kini sudah menggunakan dual kamera berdimensi cukup besar. Kameranya terdiri dari 12 megapixel wide camera dengan aperture 1.8 dan 12 megapiksel ultra wide camera dengan aperture 2.4.  Sebenarnya tidak ada yang terlalu istimewa dengan firur kamera wide dan ultra wide yang kini tampaknya sudah menjadi standar kamera smartphone saat ini. Namun terdapat peningkatan pada fitur mode malam atau night modenya. Agar tidak kalah dengan para kompetitor seperti Huawei P30 Pro yang fenomenal. 

Lalu untuk urusan fitur video recordingnya. Apple mengklaim bahwa hasil kualitas video recording dari iPhone 11 ini adalah yang terbaik di Smartphone saat ini. Kedua kameranya yaitu camera wide dan Ultra wide akan bekerja secara simultan saat proses video recording berlangsung. Sehingga memungkinkan kita untuk mengatur secara Real Time jarak sudut pandang video saat perekaman berlangsung. Terutama saat merekam berbagai scene beresolusi 4K 60 fps. Kemudian bagian kamera depannya yang beresolusi 12 megapiksel yang dapat membuat video Slofies atau Slow motion selfies. Fitur yang cukup unik untuk kalian para penggemar selfie. 

Untuk melihat berbagai fitur kamera dan video recording Apple iPhone 11 series, bisa dilihat disini

Advertisement

Baca juga: Download dan Install GCam Realme 5 Pro Indonesia

Chipset Baru Tercepat di Dunia

Peningkatan yang selanjutnya yaitu dari segi performance hardware tentunya. Kini iPhone 11 telah menggunakan chipset A13 Bionic berfabrikasi 7 nm yang diklaim Apple menjadi chipset smartphone tercepat di dunia saat ini. Apple bahkan dalam video perilisan iPhone 11 ini, memberikan perbandingan dengan beberapa flagship merk lain seperti Samsung Galaxy S10+ dan Huawei P30 Pro. Dari hasil perbandingan tersebut bisa dikatakan bahwa chipset A13 Bionic ini terlalu overpower untuk para kompetitornya tersebut. Karena memiliki kecepatan yang hampir 2x lebih cepat dibandingkan smartphone flagship lainnya.

Sama halnya dengan GPU nya yang juga diklaim tentu saja sebagai GPU smartphone tercepat di dunia saat ini. Namun begitu Apple juga mengklaim bahwa efisiensi penggunaan dayanya juga mengalami peningkatan. Baterai iPhone 11 ini lebih lama 1 jam dibandingkan iPhone XR. Untuk varian terendahnya, iPhone 11 akan dibanderol dengan harga mulai dari US$699 dan akan dipasarkan mulai tanggal 20 September 2019. 

Varian Apple iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max

Kemudian untuk varian iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Yang memiliki perbedaan hanya dari ukuran layarnya saja, yaitu 5.8 inch untuk versi Pro dan 6.5 inch untuk versi Pro Max. Memiliki varian warna yang lebih elegan dibandingkan dengan iPhone 11 yang lebih trendy. Desain body pun hampir serupa, yang keduanya memiliki 3 kamera belakang yang kelihatan mencolok karena memiliki desain yang tidak biasa. 

Perbedaan yang jelas antara iPhone 11 dan 11 Pro terletak pada kameranya. iPhone 11 Pro dan Pro Max memiliki 3 kamera di bagian belakangnya. Kamera pertama beresolusi 12 MP Wide Camera dengan aperture 1.8, kamera kedua 12 MP Telephoto dengan aperture 2.0 dan kamera ketiga 12 MP Ultra Wide Camera aperture 2.4. Ya memang perbedaan antara 2 kamera iPhone 11 dan 3 kamera iPhone 11 Pro terletak pada kamera telephoto. Namun meskipun tidak menawarkan hal yang revolusioner dan gimmick baru dibanding iPhone generasi sebelumnya, ada fitur menarik yang disebut Deep Fusion

Baca juga: 5 Aplikasi Penjualan Kasir Android Gratis Terbaik 2019

Advertisement

2 thoughts on “Apple iPhone 11 Series Resmi Dirilis – Lebih Dari Sekedar Upgrade?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *