Mesin Kasir Android CASIO V-R200
Mesin Kasir Android CASIO V-R200

Mesin Kasir Android CASIO V-R200

Diposting pada

CASIO V-R200 – merupakan mesin kasir android layar sentuh 10.4 inch wide screen dengan aplikasi point of sale yang sudah di bundle di dalamnya. Perangkat ini merupakan tipe terbaru yang diluncurkan untuk kelas high end dari beberapa kategori lini produk cash register CASIO.

Mesin Kasir Mini

Masih tetap dengan ciri khas dari setiap produk CASIO, model V-R200 tampil stylish, simple dan terlihat kokoh. V-R200 memiliki konsep seperti cash register yaitu All in One siap pakai dengan printer, cash drawer dan customer display yang menjadi satu kesatuan. Jadi anda tidak perlu repot dengan perangkat mesin kasir yang kadang dijual terpisah-pisah. 

Fitur-fitur dan Keunggulan CASIO V-R200

Untuk setiap produk baru yang diluncurkan, biasanya memiliki keunggulan baik dari fitur-fitur barunya maupun peningkatan fitur yang ada di model sebelumnya. Beberapa fitur-fitur dan keunggulan dari CASIO V-R200 yaitu sebagai berikut :

Dari sisi Hardware

1. Durability CASIO VR200

CASIO terkenal akan produk-produknya yang memiliki kualitas hardware yang sangat bagus yang memiliki daya tahan tinggi. Saya rasa semua masyarakat dunia mengakui itu. Begitu juga dengan mesin kasir CASIO V-R200 dibuat dengan standar industrial/bisnis untuk operasional dari pagi hingga malam bahkan untuk usaha 24 jam menjadikan durability

2. Adopsi Cash Register Hardware

Mengadopsi hardware dari sistem cash register tentu saja memiliki keunggulan tersendiri. Hardware cash register tidak menggunakan media penyimpanan hardisk seperti PC atau notebook standar. Melainkan menggunakan jenis flash memory atau eMMC yang memiliki daya tahan lebih baik, daya lebih kecil dan kinerja yang lebih tinggi.

Advertisement

3. Fanless Design CASIO V-R200

Daya listrik dari CASIO VR200 amat rendah yaitu maksimal 18 watt untuk full load dan hanya sekitar 12 watt untuk standby. Otomatis panas yang dihasilkan dari perangkat ini sangat kecil sehingga tidak memerlukan kipas pendingin. Keuntungan sistem fanless yaitu tidak ada debu yang dihisap karena ketiadaan kipas pendingin. Sehingga kemungkinan mesin kasir hang atau problem restart karena prosesor terlalu panas akan dapat dihindari.

4. Printer Thermal

CASIO V-R200 memiliki printer thermal yang cepat dan memiliki auto cutter. Selain itu printer thermalnya berfitur unik karena mendukung 2 ukuran kertas thermal yaitu lebar 80mm dan 58mm.

5. Layar LCD kapasitif standar IP53

Layar mesin kasir CASIO V-R200 memiliki sertifikasi hardware IP53. Standar IP53 adalah sertifikasi untuk suatu perangkat yang memiliki ketahanan air dan debu. Ketahanan air disini bukan tahan direndam ya. Detailnya yaitu untuk layar memiliki kemampuan tetap dapat digunakan dengan baik saat kondisi jari tangan basah.

Baca juga :

Mesin Kasir Android

Dari Sisi Software

1. Android

Mengapa CASIO memilih android? Karena sistem operasi ini termasuk ringan, tidak memerlukan sumber daya sistem cpu dan memory yang tinggi. Coba anda bandingkan dengan sistem operasi windows atau Linux. Faktor lain saya pikir tentu saja mereka memiliki pertimbangan karena android merupakan sistem operasi yang sangat populer di dunia saat ini. Android merupakan sistem operasi yang sangat baik dari segi fitur, perkembangan dan dukungan dari berbagai vendor baik vendor hardware maupun software. Anda tahu kan siapa dibelakang android?

Advertisement

2. Software Penjualan (point of sale) VR200

Ini salah satu key point dari CASIO V-R200. Software aplikasi penjualan di dalamnya juga diciptakan sendiri oleh CASIO Jepang selaku produsen. Mengapa ini sangat penting? Karena dengan hardware dan software yang dibuat sendiri oleh perusahaan yang sama tentu saja amat terjamin dari segi kompatibilitas dan stabilitasnya. Potensi error dari hardware maupun crash software bisa dipastikan amat minim terjadi. Bila dibandingkan dengan suatu sistem kasir yang memiliki hardware dan software yang dibuat oleh perusahaan yang berbeda.

 

Tabel Spesifikasi CASIO V-R200 :

PLATFORM Operating System Android 4.2.2
CPU 1.5 GHz Dual Core
RAM 1 GB
Flash ROM 16 GB
DISPLAY Main Display 10.4 inch Wide screen Layar Sentuh
Resolusi 800 x 600 pixels
TFT Color LCD
IP53 Compliant Environmental Durability
(Dapat dioperasikan walaupun tangan basah)
Mekanisme Layar Power Tilt
Customer Display LCD 2 Baris, 20 karakter
Rotating Pop up
PRINTER Metode Printer Thermal Kertas 1 Rangkap
Kecepatan Max. 120 mm/detik
80 mm atau 58 mm
Paper Loading Drop in Paper Loading
INTERFACE Belakang 3 COM Port Serial (9 pin)
1 LAN Port
1 USB (Host)
Samping 1 SD/SDHC Memory Card Slot
Bawah 1 Magnetic Card Reader (option)
MEMORY PROTECTION Battery NIckel Hydrogen Rechargeable Battery
Memory Retention Di simpan di Flash ROM setelah 1 Jam
POWER Power Input AC 100 – 240 V, 50/60 Hz
Power Output 24 V == 2.5A / 4.0 A
Konsumsi Listrik 18 W Operasional
12 W Standby
DIMENSI W x D x H Approx. 395 x 237 x229 mm
(Max Tilt, Not including protruding parts)
Berat Approx. 5 Kg
VARIAN V-R200 Hitam
V-R200WE Putih
OPTION Cash Drawer DL-2814 Medium
400 x 398 x 113 mm (W x D x H)
Customer Display VA-B63CB (serial port)
Magnetic Card Reader VA-A46MCR

Demikian spesifikasi singkat mesin kasir android CASIO V-R200

Baca juga :

 

Advertisement

3 thoughts on “Mesin Kasir Android CASIO V-R200

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *