Sistem Operasi Aplikasi Penjualan Kasir
Sistem Operasi untuk Aplikasi Penjualan Kasir

Sistem Operasi Untuk Aplikasi Penjualan Kasir

Diposting pada

Sistem Operasi Untuk Aplikasi Penjualan Kasir – Sistem Operasi atau Operating System atau biasa disebut OS merupakan bagian yang penting dalam menentukan base/dasar dari aplikasi penjualan kasir. Karena masing-masing dari OS ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Jadi melalui artikel ini saya ingin menjelaskan sistem operasi yang cocok untuk aplikasi penjualan kasir anda semua. Baik dari segi hardware, fitur, ruang lingkup, maupun tingkat kepopuleran.

Sistem Operasi Untuk Aplikasi Penjualan Kasir

Berikut ini sistem operasi yang biasa digunakan untuk sistem aplikasi penjualan kasir atau point of sale, sehingga para pembaca sekalian dapat menentukan OS apa yang cocok dengan skala usaha para pembaca sekalian. Saya akan menjelaskan 5 sistem operasi yang umum digunakan berikut penjelasan kelebihan maupun kekurangan dari masing-masing OS tersebut yaitu :

Sistem Operasi Embedded

Embedded OS atau sistem operasi tertanam adalah OS untuk komputer/perangkat keras yang tertanam didalam chip/memory. Jenis OS ini biasa dirancang untuk efisiensi sumber daya dan kehandalan dari suatu perangkat keras atau device. Sifatnya tertutup karena dibuat khusus oleh pabrikan yang memproduksi device tersebut.

OS ini biasa dipakai di berbagai device seperti mesin cash register, handphone jadul, mesin-mesin pabrik, alat-alat kesehatan, dll.

Kelebihan:

  • Efisien dalam sumber daya sehingga perangkat tidak mudah panas
  • Kehandalan dari perangkatnya/awet
  • Bebas virus
  • Dokumentasi lengkap dan jelas dari pabriknya, karena instruksi yang dibatasi maka tidak terlalu rumit, sehingga lebih mudah dalam troubleshooting jika terjadi masalah.

Kekurangan:

  • Fungsi terbatas sesuai keinginan pabrikan.
  • Sistem tertutup, sulit dikembangkan oleh pihak selain pabrikan. 

Baca juga:

 

Sistem Operasi DOS

DOS merupakan singkatan dari Disc Operating System yaitu OS yang berorientasi pada perintah teks yang dioperasikan di command prompt dan awalnya OS ini di load melalui sebuah disket. Pasti anda masih ingat bukan?

Dahulu sistem DOS sangat populer digunakan di aplikasi penjualan kasir bahkan sampai sekarang pun masih ada yang menggunakannya. Ini dikarenakan sistem DOS hanya berorientasi pada perintah teks sehingga sangat ringan dalam menjalankannya. Saat ini beberapa usaha ritel seperti Apotek minimarket dan toko masih menggunakan aplikasi penjualan kasir yang berbasis DOS.

Kekurangan dari OS DOS ini yaitu hanya sedikit sekali vendor atau programmer yang mengembangkannya sekarang ini, dan anda sangat bergantung sekali kepada mereka.

Windows

Windows OS masih menjadi sistem operasi yang paling powerful sampai saat ini karena luasnya cakupan dari platform ini. Aplikasi penjualan kasir berbasis OS Microsoft Windows besutan Bill Gates ini sangat banyak dan sangat mudah ditemukan di internet. Vendor-vendor besar  produsen hardware maupun software masih setia dengan OS Windows.

Untuk sistem penjualan kasir skala besar yang kompleks tentunya masih menggunakan OS Windows ini seperti sistem server Head Quarter, CRM (Customer Relationship Management) yang powerful dan ERP (Enterprise Resource Planning). Untuk aplikasi penjualan point of sale ada yang berbasis windows umum dan juga windows mengeluarkan khusus untuk versi sistem point of sale yaitu Windows POSReady. Biasanya vendor-vendor pabrikan telah menyediakan versi Windows POSReady telah terinstall di hardware mereka.

Advertisement

Baca juga: MESIN KASIR ANDROID CASIO V-R200

 

Linux

Sistem operasi yang dibuat oleh Linus Torvald yang diperkenalkan di tahun 1991 ini dibuat berbasiskan sistem GNU. Linux berbasis open source, dengan begitu source code Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun. Linux pun dikenal digunakan di sistem server merk-merk ternama seperti Dell, Intel, IBM, Hewlett-Packard, Novell, Oracle dan banyak lagi. Contoh sistem

POS yang berbasiskan Linux seperti produsen merk Quorion dan Vivipos (FEC). Salah satu keunggulan Linux yaitu lebih tahan terhadap virus dan resource yang lebih hemat dibandingkan Windows.

Baca juga: Antivirus Gratis Terbaik 2019 Untuk Android

 

Android

Android saat ini telah menjadi sistem operasi yang paling populer di dunia dan di ikuti dengan berbagai aplikasi berbasis OS Android amat banyak bermunculan. Untuk sistem aplikasi penjualan kasir yang tidak terlalu kompleks OS berbasis Android sudah cukup. Ini disebabkan dari karakter Android yang mobile dan mudah digunakan.

Aplikasi penjualan kasir berbasis Android dapat dengan mudah diinstal di tablet maupun smartphone yang harganya relatif murah. Vendor aplikasi penjualan kasir Android sangat menjamur dan fitur-fiturnya makin berkembang terus seperti Moka Pos, Pawoon, nadipos, olsera, foliopos, nutapos, myprofit, loyverse point of sale, kasir pintar, kasir toko portable, ravintolago dan masih banyak lagi yang lainnya.

Aplikasi penjualan kasir yang berbasis Android sangat menjanjikan dan menurut penulis mulai mengancam kepopuleran sistem operasi lainnya. Ini dikarenakan sistem android amat cepat dalam perkembangannya yang tentu kita semua tahu dibelakang android adalah sang raksasa google. Dan kalimat penutup yang tepat untuk android yang pastinya kita semua sepakat yaitu “android is the future”.

Baca juga: 

Advertisement

10 thoughts on “Sistem Operasi Untuk Aplikasi Penjualan Kasir

  1. Hi my family member! I wish to say that this post is amazing, great written and come with almost all important infos. I would like to look more posts like this .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *