E001 Wrong Mode Cash Register CASIO
E001 - Wrong Mode Cash Register CASIO

Cara Mengatasi E001 Cash Register CASIO

Diposting pada

Last Updated on 29 Maret 2021 by Yudha G.

Pada artikel ini saya akan membahas bagaimana Cara Mengatasi E001 Cash Register CASIO. Biasanya error ini kadang dialami oleh para pengguna baru mesin cash register CASIO SE-S400.

E001 Wrong Mode

Pada artikel ini akan dijelaskan apa itu Error E001 Wrong Mode pada mesin kasir CASIO. Mulai dari penyebabnya, cara mengatasi/memperbaikinya hingga tips untuk mencegah agar Error E001 tidak terjadi kembali.

Apa itu Kode Error E001? 

Sebelumnya, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu error E001? Kode error ini muncul dikarenakan ada kesalahan dalam penggunaan mode kunci operasional mesin kasir. 

Pesan error yang muncul adalah E001 – Wrong Mode, secara translasi dapat diartikan “Kesalahan pada Mode”. Mode disini maksudnya adalah mode posisi kunci. 

Penyebab Error E001 Casio Se-s400

Sebetulnya penyebab error ini dapat kita ketahui dari pesan error yang muncul, yaitu Wrong Mode.

Penyebabnya saat anda melakukan aktivitas di posisi kunci tertentu, tetapi anda belum menyelesaikan atau belum keluar dari aktivitas tersebut, anda putar kunci ke posisi lain.

Advertisement

Contohnya adalah misalnya anda melakukan penjualan, transaksi di REG. Tetapi saat transaksi belum sampai selesai/belum sampai pembayaran, tetapi kunci anda putar ke posisi lain. Maka akan muncul E001 Wrong Mode.

Contoh penyebab lainnya yaitu jika di posisi kunci PGM. Selesai melakukan pemrograman, anda belum mengembalikan layar ke posisi menu semula (masih didalam menu program).

Kemudian anda putar kunci ke posisi lian misalnya ke REG, maka akan muncul E001.

Cara memperbaiki Error E001 Casio

Cara memperbaiki error ini cukup mudah. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Putar kunci hitam ke posisi terakhir sebelum error.
  • Jika anda lupa dimana posisi terakhir digunakan, putar saja kunci ke semua posisi, PGM, RF, REG, X, Z, X/Z. Pasti ada salah satu posisi kunci yang dilayar tidak muncul Error “E001 Wrong Mode”.
  • Jika posisi yang tidak ada error di PGM, Langsung saja tekan Subtotal 3 kali.
  • Advertisement
  • Jika posisi yang tidak ada error di REG/RF, tekan tombol pembayaran atau CA. Cara lain batalkan transaksi penjualan, caranya tekan ERR.Corr/Cancel, lalu CA.
  • Selesai, kini anda dapat menggunakan kembali mesin cash register CASIO SE-S400 anda.

Cara mencegah Terjadi Kembali

Nah, ada cara atau tips berguna agar tidak terjadi kembali Error E001 ini. Tentu saja anda ingin menggunakan mesin kasir casio anda dengan nyaman bukan? Tanpa ada error yang mengganggu.

Tipsnya adalah:

Jangan membiarkan kunci mesin kasir baik kunci hitam maupun kunci abu-abu selalu terpasang. Biasakan setelah menyalakan mesin kasir ke posisi REG, kunci anda simpan atau jangan selalu terpasang di mesin cash register.

Dengan begitu, setiap selesai program/transaksi penjualan/laporan X dan Z, kunci sudah terbiasa anda cabut. Sehingga kemungkinan untuk terjadi Error E001 ini akan berkurang. 

Demikian artikel cara mengatasi E001 Cash Register CASIO, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *