Cara Memperbaiki Mesin Kasir Casio SE-S400
Cara Memperbaiki Mesin Kasir Casio SE-S400

Cara Memperbaiki Mesin Kasir Casio SE-S400

Diposting pada

Cara memperbaiki mesin kasir Casio SE-S400 – di artikel sebelumnya kami telah menjelaskan tutorial Bagaimana cara mengatasi kode error Casio SE-S400.

Jadi tidak semua masalah atau kerusakan pada mesin kasir ataupun perangkat elektronik apapun terdapat pemberitahuan melalui kode error.

Ada beberapa kerusakan yang memang tanpa disertai kode error bawaan mesin kasir. Seperti jika mesin kasir anda ada mati total jadi tidak ada ada tanda-tanda kehidupan sama sekali.

Ataupun jika printer macet-macet atau tidak mau mencetak kertas sama sekali. Berikut ini akan kami jelaskan melalui tutorial cara memperbaiki mesin kasir Casio SE-S400 :

Cara memperbaiki mesin kasir Casio SE-S400

1. Printer tidak mencetak kertas

Ada dua penyebab jika masalah ini terjadi yaitu dari masalah software dan dari masalah hardware.

Seperti biasa dalam menganalisa suatu masalah dalam berbagai perangkat elektronik cara paling mudah adalah dengan mencurigai dari sisi softwarenya atau settingnya. 

1.1 Cara pertama : Receipt ON/OFF

di mesin kasir Casio SE-S400 terdapat fungsi untuk menonaktifkan dan aktifkan fungsi printer.

Dalam hal ini dikenal tombol RECEIPT ON/OFF caranya adalah tekan tombol ini yang terdapat di bagian kiri atas sebanyak 2 kali sampai muncul di layar tulisan Receipt Issue.

Lalu Anda coba mencetak printer dengan cara yang paling mudah yaitu menekan tombol NS.

1.2 Cara kedua : Flag Clear

Melakukan prosedur Flag clear jika cara pertama tidak berhasil yaitu dengan cara menekan tombol RECEIPT ON/OFF, maka cara kedua yang dapat dilakukan yaitu melakukan Flag Clear.

Cara melakukan Flag Clear pada mesin kasir Casio SE-S400 adalah sebagai berikut : 

  • kunci putar ke posisi off 
  • tekan dan tahan tombol FEED sambil kunci diputar ke posisi PGM. 
  • lalu tombol FEED dilepas 
  • kemudian di layar akan tampil tulisan INIT 00000000000 
  • setelah itu tekan lah tombol SUBTOTAL. Tunggu beberapa detik jika printer sudah kembali normal printer akan mencetak kertas thermal.
  • Terkadang cara ini berhasil jika terjadi hang pada mesin kasir Casio SE-S400. Tetapi jika tidak berhasil juga maka kita ke cara ketiga. 

1.3  Kerusakan hardware printer

Kerusakan hardware printer umumnya terjadi masalah keausan di dalam komponen printer Casio SE-S400 yaitu terjadi kerusakan di gir set atau gear dinamo printer ataupun bisa keduanya rusak.

Cara paling mudah mendeteksi kerusakan dari komponen printer yaitu dengan menekan tombol FEED secara terus menerus.

Jika terdengar suara seperti gir berputar tetapi kertas thermal tidak keluar maka sudah dipastikan terjadi kerusakan di komponen gir. Jika ini terjadi, anda harus melakukan servis atau penggantian unit printer baru. 

Cara memperbaiki mesin kasir Casio SE-S400

2. Printer Mencetak Garis Vertikal atau Block Hitam/Putih/Blank

2.1 Permukaan Head Printer Kotor

Biasanya head printer kotor karena disebabkan bekas lem dari kertas thermal yang menempel pada head. Anda bisa bersihkan dengan hati-hati menggunakan kain katun halus dan alkohol.

Jika terlihat ada bekas lem atau kotoran lain yang menempel, cukup bersihkan permukaan head printer mesin kasir SE-S400. Jangan lupa untuk cabut koneksi listrik untuk menghindari konsleting pada komponen printer. Jika anda ragu silakan hubungi teknisi khusus perbaikan mesin kasir.

2.2 Kerusakan Unit Printer atau Mainboard

Khusus untuk hasil print blank/polos, garis hitam/putih vertikal memanjang dari atas ke bawah tanpa ada hasil print karakter lain. Ini biasanya disebabkan kerusakan unit printer mesin kasir Casio SE-S400. Jadi harus diganti dengan unit printer yang baru.

Sebab lain yang bisa terjadi walaupun cukup jarang kemungkinannya, ada kerusakan dari bagian mainboard. Biasanya karena mainboard kotor terkena cairan, kotoran binatang seperti kecoa dan tikus ataupun karena masalah pada listrik yang tidak stabil.

Anda harus menghubungi teknisi khusus mesin kasir Casio untuk perbaikan maupun pergantian sparepart yang diperlukan.

Cara memperbaiki mesin kasir Casio SE-S400

3. BT-INIT Tampil di Layar

Cara memperbaiki mesin kasir Casio SE-S400 selanjutnya yaitu error yang dapat muncul adalah BT-INIT.  Selengkapnya tentang cara mengatasi error BT-INIT dapat dilihat di artikel khusus kami disini

Baca juga:

 

Cara memperbaiki mesin kasir Casio SE-S400

4. Mesin Kasir Mati Total 

4.1 Cek saluran listrik di lokasi anda

Cara paling dasar untuk masalah ini yaitu dengan mengecek sambungan listrik. Mungkin saja di titik yang anda gunakan sekarang listriknya bermasalah.

Cobalah untuk memindahkan ke stop kontak listrik lain. Yang anda sudah yakin ada daya listriknya. 

4.2 Lakukan Flag Clear

Cobalah lakukan prosedur Flag Clear, caranya bisa anda lihat diatas. Terkadang setelah anda memindahkan sambungan stop kontak listrik ke tempat lain, mesin kasir tidak mau hidup.

Atau sehabis mengganti batere, ini hal yang wajar, jadi belum tentu mesin kasir anda rusak. 

4.3 Lepas Baterai dan Cabut Listrik

Ini adalah cara selanjutnya yang dapat anda coba. Selanjutnya hubungkan kembali listrik ke mesin kasir, jika mau hidup ikuti panduan yang tampil dilayar atau bisa dilihat disini.

Tetapi dipastikan data penjualan mesin kasir akan hilang. Untuk data menu dan settingan tidak hilang jika sebelumnya anda sudah membackup data mesin kasir.

4.4 Lakukan prosedur INIT

Langkah INIT merupakan langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk masalah pada software. INIT bisa juga diartikan proses install ulang mesin kasir. Jadi semua data dan laporan penjualan dipastikan akan hilang.

Bisa ikuti langkah-langkah berikut ini untuk prosedur INIT: 

  • Kunci hitam di posisi OFF
  • Tekan tahan tombol FEED sambil kunci diputar ke posisi PGM
  • Lepas tombol FEED
  • Pada layar akan tampil INIT 0000000000, lalu ketik 12540
  • Selanjutnya tekan Subtotal
  • Tunggu beberapa detik proses INIT akan berlangsung
  • Jika sukses, printer akan mencetak dan layar tampil P01

4.5 Hardware mesin kasir rusak

Jika keempat cara diatas sudah dilakukan dan tidak berhasil, maka dapat disimpulkan terjadi kerusakan hardware mesin kasir.

Bisa terjadi biasanya karena kerusakan pada bagian mainboard ataupun power supply/adaptor. Penyebabnya bisa karena mesin kasir terkena cairan, terkena kotoran/pipis binatang seperti kecoa dan tikus, ataupun dari tegangan listrik yang tidak bagus.

Silakan hubungi technical support lokal di wilayah anda atau dapat menghubungi kami di halaman Contact. 

—– Cara memperbaiki mesin kasir Casio SE-S400 —–

Demikian artikel Cara memperbaiki mesin kasir Casio SE-S400. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya di blog ini.

Dukung terus blog ini agar terus exist salah satunya dengan cara share artikel ini kepada kawan-kawan dan relasi anda. Silakan berikan komentar anda dan jangan lupa baca artikel menarik kami lainnya. 

Baca juga: 

 

19 thoughts on “Cara Memperbaiki Mesin Kasir Casio SE-S400

  1. Mas gimna caranya kalau tiba2 mesinnya ngehank, trus kabelnya di lepas dr stopkontak, trus di cabut jg batre aaa, habis itu ganti batrenya n di colokin lagi tp mesin kasirnya gak mau hidup.. itu kenapa yah mas?? Mohon bimbingannya dan pencerahannya.. makasih yah mas..

    1. Dicoba urutan yang benar seperti ini:
      1.Cabut listrik
      2.Cabut baterai
      3.Pasang stop kontak listrik
      Jika mesin kasir mau hidup,
      biasanya akan meminta pilih bahasa.
      Jika mesin kasir tetap mati, dicoba lakukan
      Install ulang/INIT.

  2. Mohon solusi mesin cash register casio se 5400 dicolokin ke listrik hidup tp di putar of mesin tetap hidup tetapi layarnya hanya warna hijau tulisan tidak ada. Apa penyebabnya mohon petunjuk

    1. Terima kasih atas pertanyaannya Pak Henry, bila dilihat dari gejala yamg bapak sebutkan, mesin kasir tersebut mengalami kerusakan. Silakan hubungi Casio service center.

  3. Mas, mesin kasir saya lcasio se 5400 llayarnya tidak ada tulisan hanya watna hijau saja, layar yang kecilnya padam. Apakah mesin casir saya ini rusak mas

    1. Betul sekali Pak Henry, bila dilihat dari gejala yang bapak sebutkan, mesin kasir tersebut mengalami kerusakan. Silakan hubungi Casio service center atau penyedia jasa service di kota bapak tinggal. Terima kasih.

    1. Hallo juga ibu Yulli, ini disebabkan karena batere backup yang sudah habis masa pakainya. Ibu bisa mengganti batere sendiri, posisi tempat batere di samping tempat kertas. Semoga membantu

  4. Bang mesin casir saya kok pas ngetik harga yg keluar kertasnya doank harga² yg tertulis tidak ada yg krluar hanya lembar kosong jdi harus gmn

    1. Pertama, coba cek kertasnya. Casio SE-S400 harus menggunakan kertas thermal, pastikan kertas agan jenis thermal ya. Hanya sisi luar kertas yang mengandung tinta, coba dibalik kertasnya. Jika tidak keluar juga tulisannya berarti ada masalah pada mesin kasir, bisa dari printernya atau komponen lain didalam mesin. Demikian semoga mambantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *