Tutorial Install CASIO SE-S10
Tutorial Install Awal CASIO SE-S10

Tutorial Install Awal CASIO SE-S10

Diposting pada

Tutorial Install awal CASIO SE-S10 – kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara install awal salah satu cash register low budget. Yang merupakan salah satu cash register kategori kelas low end keluaran dari CASIO. Ini adalah cash register penerus dari seri sebelumnya yaitu CASIO tipe TE-M80. Dari segi fitur tidak ada perbedaan, hanya peningkatan dari segi hardware yang lebih baik.

Tutorial Install Awal CASIO SE-S10

Berikut adalah langkah-langkah cara install awal CASIO SE-S10 :

PERSIAPAN

  1. Unit cash register CASIO SE-S10
  2. Kertas thermal struk ukuran 58mm
  3. Batere Alkaline AA sebanyak 2 pcs, jenis LR6
  4. Kunci hitam (PGM)
  5. Jaringan listrik

TUTORIAL INSTALL AWAL

  1. Pasang kertas thermal, Caranya : buka cover bagian atas tempat kertas/printer CASIO SE-S10. Buka penjepit kertas dengan cara pull up atau ditarik ke atas. Lalu pasangkan kertas thermal, perlu diperhatikan memasang kertas thermal jangan sampai terbalik. Jadi kertas thermal itu hanya sisi luar saja yang licin atau ada lapisan tinta. Bagian yang licin/luar menghadap ke bawah/mengahadap head printer. Lalu tutup kembali penjepit kertas, tekan ke bawah sampai masuk sempurna. Kemudian anda bisa tutup kembali cover printer bagian atas.
  2. Advertisement
  1. Hubungkan cash register CASIO SE-S10 ke jaringan listrik
  2. Di layar akan tampil huruf “0” berkedip, lalu anda ketikkan angka 0, lalu tekan tombol CA. Angka 0 disini adalah pilihan bahasa English.
  3. Berikutnya muncul 00-00-00, anda ketik tanggal, bulan dan tahun. Misalnya 250119, tekan CA.
  4. Berikutnya muncul 00-00, ketik jam dan menit. Misalnya 1030, tekan CA.
  5. Tunggu proses Initial mesin, tidak lama struk kertas thermal akan mencetak.
  6. Lalu layar mesin kasir akan OFF dengan sendirinya.
  7. Pasang 2 buah batere Alkaline ukuran AA. Caranya: buka cover bagian atas printer, lalu buka penutup batere, lalu masukkan batere sesuai dengan kutub positif & negatifnya. Jangan lupa tutup tempat betere dan kemudian tutup juga cover bagian atas printer.
  8. Advertisement

Note : Penting saya ingatkan dalam Tutorial install ini, disarankan anda sebaiknya mengganti batere setahun sekali. jangan tunggu sampai batere low batt!!! Resiko data akan hilang.

TUTORIAL PROGRAM AWAL CASIO SE-S10

Secara default cash register ini memiliki sistem mata uang dollar sehingga tampilan di layar 0.00. Berikut cara program dari dollar ke mata uang rupiah Indonesia.

  • Putar kunci ke PGM
  • Tekan 3 > Subtotal > 0122 > Subtotal > 10 > CA > Subtotal
  • Tekan 3 > Subtotal > 0822 > Subtotal > 2 > CA > Subtotal

Demikian tutorial install awal cash register CASIO SE-S10, untuk selanjutnya anda bisa memprogram nama toko, item produk dan lain-lain. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Baca juga :

 

Advertisement

3 thoughts on “Tutorial Install Awal CASIO SE-S10

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *