Cara Mengatasi Error BT-INIT Casio SE-S400
Cara Mengatasi Error BT-INIT Casio SE-S400

ERROR BT INIT CASIO SE-S400

Diposting pada

Error BT INIT CASIO SE-S400 merupakan masalah yang dapat muncul pada mesin kasir Casio, meskipun hal ini termasuk sangat jarang terjadi. Umumnya error ini dapat terjadi hampir disemua mesin kasir Casio seperti model SE-S300, SE-S2000, SE-S400, SE-C450, SE-C3000 dan beberapa model lainnya. Baiklah sebelum kita bahas bagaimana cara mengatasi error ini, akan kami jelaskan apa itu Error BT-INIT  dan kenapa ini bisa terjadi.

Pengertian dan Penyebab Error BT-INIT

Sebetulnya BT-INIT adalah proses untuk instalasi ataupun upgrade firmware mesin kasir Casio seperti SE-S400 dan juga untuk model lainnya. Tetapi jika terjadi kerusakan pada mesin kasir, dapat juga muncul BT-INIT karena disebabkan error atau masalah lainnya.

Error BT-INIT disebabkan kegagalan sistem untuk load ke kondisi normal yang disebabkan oleh gagalnya pembacaan ke memory sistem. Ada beberapa penyebab dari munculnya error BT-INIT, yaitu: terjadi error software atau kerusakan pada bagian Mainboard atau hardware mesin kasir. 

Cara Mengatasi Error BT-INIT Casio SE-S400

Cara pertama

mengatasi Error ini yaitu dengan mencoba prosedur Flag Clear, caranya adalah sebagai berikut :

  • Kunci hitam pada posisi OFF
  • Sambil menekan tombol FEED, kunci diputar ke posisi PGM
  • Lalu lepas tombol FEED
  • Tunggu beberapa detik, jika berhasil dilayar akan muncul INT 0000000000
  • Lalu tekan Subtotal
  • Tunggu beberapa detik, printer akan mencetak kertas dan mesin kasir akan normal kembali.

Jika langkah dengan prosedur flag clear ini tidak berhasil maka anda coba langkah kedua dibawah ini.

Cara Kedua

Jika pada cara pertama mesin kasir Casio SE-S400 tidak merespon maka lakukan Cara kedua yaitu cabut listrik dan copot baterai. Tunggu beberapa detik lalu hubungkan listrik ke mesin kasir. Kemudian ikuti petunjuk di layar yaitu seperti instalasi awal mesin kasir Casio SE-S400. Jika anda belum tahu cara instalasi awal Casio SE-S400 dapat dilihat disini

Cara ketiga

yaitu melakukan INIT atau INITIALIZE. Perhatian: sudah dipastikan data di mesin kasir hilang seluruhnya ya. Jadi mesin kasir Casio SE-S400 anda akan seperti mesin baru dari pabrik. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Kunci hitam di posisi OFF
  • Tekan dan tahan tombol FEED sambil berbarengan kunci diputar ke posisi PGM
  • Selanjutnya dilayar akan tampil INIT 0000000000, ketik 12540 lalu tekan Subtotal. 
  • Tunggu beberapa puluh detik, jika sukses printer akan mencetak dan umumnya dilayar tampil P 01

Tetapi jika semua cara diatas tidak berhasil, maka kemungkinan adalah kerusakan bagian hardware. Ini bisa disebabkan kerusakan bagian mainboard, yaitu peyebabnya karena bermasalah di listrik, terkena cairan ataupun terkena kotoran binatang seperti kecoa dan tikus. Silakan hubungi technical support lokal di wilayah anda untuk perbaikan mesin kasir Casio anda.

Demikian artikel Cara memperbaiki mesin kasir Casio SE-S400. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa tinggalkan komen dan jangan lupa baca artikel menarik kami lainnya. 

Baca juga: 

Tutorial Cara Mengatasi Kode Error Mesin Kasir Casio SE-S400 

Mesin Kasir Android Casio V-R200 

2 thoughts on “ERROR BT INIT CASIO SE-S400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *