Cara program open plu atau open price casio se-s400
Cara program open plu atau open price casio se-s400

Cara Program Open PLU Casio SE-S400 / PCR-T500

Diposting pada

Cara Program Open PLU Casio SE-S400 / PCR-T500 – di artikel ini saya akan mengupas fitur yang jarang diketahui dari mesin kasir CASIO yaitu Open PLU. Banyak dari anda para pengguna mesin kasir khususnya para pengguna cash register CASIO tidak memahami beberapa fitur ataupun istilah di mesin cash register yang mereka punya. K

arenanya melalui blog masterkasir dotcom saya akan mengupas fitur-fitur maupun istilah yang jarang dipahami oleh para pengguna cash register CASIO, salah satunya melalui artikel ini. Artikel Aneka Tips ini terbagi menjadi beberapa bagian atau beberapa artikel khusus sehingga diharapkan para pengguna lebih memahami secara detail tentang fitur yang dibahas.

Note: Artikel Aneka tips cash register casio tentang Open PLU ini berlaku untuk beberapa model cash register CASIO. Seperti cash register CASIO model lama : TE-100, TK-T200, TE-2000, SE-S300, SE-C350, SE-S2000, SE-C2000, TE-2200, TE-2400, TK-3200, TK-6000, TK-7000, SE-S6000, SE-C6000, TE-8000. Model lama pasar US : PCR-T48S, PCR-T470, PCR-T480, PCR-T470L, PCR-T480L, PCR-T220S, PCR-T2100, PCR-T2200, PCR-T2100L, PCR-T2200L. Model baru CASIO : SE-S400, SE-C450, SE-S3000, SE-C3500, SR-S500, SR-S4000, SR-C550, SR-C4500. Model baru pasar US : PCR-T500, PCR-T520, PCR-T2300, PCR-T2400, SE-S800, SE-S900, SR-S820, SR-S920, PCR-T540, PCR-T560, PCR-T2500, PCR-T2600.

Cara Program Open PLU Casio SE-S400 / PCR-T500

Apa itu Open PLU

Diantara fitur Casio SE-S400 yaitu fitur Open PLU. Bagi anda yang belum paham apa itu Open PLU, pengertian dari fitur ini yaitu harga item produk PLU dapat kita ubah saat transaksi penjualan berlangsung. Biasa disebut juga dengan istilah Open Price. Sedangkan secara default harga item produk di SE-S400 ini adalah fixed price, yang di setting di menu program PLU Setting.

Contoh gampangnya jika anda masih bingung apa itu Open PLU, saya akan beri contoh pengaplikasiannya di sistem retail seperti toko busana/fashion. Sistem toko busana memiliki karakteristik yang dinamis yaitu harga produk sering berubah dan selalu ada produk baru setiap periode tertentu, bisa perhari/perminggu/perbulan. Biasanya akan ada model busana yang baru dan model yang lama yang sudah habis biasanya tidak akan keluar atau diproduksi lagi dari produsen/pabrik pembuatnya.

Memang untuk perubahan harga bisa dengan menggunakan cara sistem potongan harga atau diskon, baik itu diskon persentase atau diskon nilai uang langsung. Tapi kita tidak akan membahas tentang potongan harga atau sistem diskon di artikel ini. Kita akan membahas tentang sistem produk Open PLU atau Open Price. 

Advertisement

Baca juga: Program Zero Price CASIO SE-S400 / PCR-T500

 

Problem yang terjadi

Coba bayangkan bila anda memprogram setiap produk di toko busana satu-persatu baik itu menggunakan kode PLU ataupun sistem barcode. Kemudian sering terjadi perubahan harga dari produk di toko anda. Tentu cukup lumayan menyita waktu dan rumit bukan jika anda harus seringkali melakukan perubahan harga? P

ada saat program awal yaitu saat  akan launching toko pertama kali, itu saja sudah sangat menyita waktu dan pastinya melelahkan anda. Apalagi ke depannya pasti harus ada maintenance secara terus-menerus, dengan adanya produk baru maupun perubahan harga.

Menurut pengalaman saya sistem seperti ini akan berjalan bila anda memiliki orang atau staf khusus untuk mengurus sistem ini. Tapi bila tidak, dalam artian anda sebagai owner langsung yang juga mesti memprogram produk satu persatu di sistem kasir. Well, bisa dipastikan sistem ini tidak akan berjalan. Ujung-ujungnya anda akan memakai sistem manual dan mesin kasir atau software penjualan anda yang canggih seperti apapun menjadi tidak terpakai.

Solusi

Maka solusi dari permasalahan tersebut diatas yaitu toko anda disarankan menggunakan salah satu sistem dibawah ini yaitu :

  • Sistem Open PLU/Open Price
  • Sistem Potongan harga/diskon

Atau bisa juga anda menerapkan kedua sistem diatas pada mesin kasir CASIO, itu tidak akan menjadi masalah.

Baiklah, saya rasa dari penjelasan saya di atas, anda sekalian telah mengerti apa itu sistem Open PLU di mesin cash register CASIO. Bila anda masih belum paham juga, silakan scroll kembali ke halaman atas dan baca kembali artikel ini dari awal 🙂

Baca juga: Program Zero Price CASIO SE-S400 / PCR-T500

 

Cara Program Open PLU Casio SE-S400 / PCR-T500

Baiklah, langsung saja kita akan implementasikan sistem Open PLU. Cara aktifkan fitur Open PLU adalah sebagai berikut :

  1. Kunci hitam ke posisi PGM
  2. Arahkan ke PLU Setting > CA
  3. Ketik kode PLU, misal 1 > CA
  4. Tekan CA lagi
  5. Lihat di opsi paling bawah yaitu Open PLU, arahkan kesitu lalu tekan CA, pilih Yes > CA
    Advertisement
  6. Sudah selesai, tekan Subtotal beberapa kali untuk kembali ke tampilan menu program awal.

Cara melakukan transaksi Open PLU

Nah, selesai sudah salah satu produk anda telah aktif programnya menjadi Open PLU. Kemudian kita akan coba aplikasikan langsung bagaimana cara penggunaannya di transaksi penjualan. Contoh anda memiliki produk jaket di toko busana dengan harga bandrol Rp 200.000 dan proses tawar menawar terjadi antara anda dengan calon pembeli. Dan setelah deal harga menjadi Rp 150.000. Maka cara input harga yang telah deal tadi sebagai berikut :

  • Kunci hitam/abu-abu ke posisi REG
  • Ketik kode produk
  • tekan tombol PLU (tampil nama jaket dilayar)
  • ketik harga 150000
  • tekan tombol PRICE

Dengan begitu harga produk jaket di cetak di kertas struk menjadi Rp 150.000, padahal harga yang sudah diprogram di mesin kasir adalah Rp 200.000,- (sebagai contoh).

Baca juga: 

 

Cara melakukan transaksi Open PLU dengan harga setting

Kemudian selain anda dapat mengetik harga manual sesuai yang anda inginkan. Anda juga tetap dapat menggunakan harga yang telah di program di produk PLU (sebagai contoh tadi harganya Rp 200.000, caranya adalah sebagai berikut :

  • Ketik kode produk
  • tekan tombol PLU (tampil nama jaket dilayar)
  • tekan tombol PRICE

Dengan begini, mesin cash register akan memanggil harga yang telah di program, yaitu harga Rp 200.000

Contoh diatas adalah jika transaksi penjualan hanya berjumlah 1 kuantitas produk. Bagaimana jika kuantitas transaksinya banyak? Contoh anda menjual produk t-shirt sebanyak 10 pcs dengan harga deal satuan Rp 25.000 dari harga bandrol misalnya Rp 30.000. Begini cara menginput transaksinya :

  • (Kunci tetap di posisi REG ya)
  • Ketik banyaknya produk (contoh 10)
  • tekan tombol X/date time
  • ketik kode produk
  • tekan tombol PLU (tampil nama T-shirt  dilayar)
  • ketik harga satuan (contoh 25000)
  • tekan tombol PRICE

Ok, kita sudah coba praktek langsung cara pemakaian program Open PLU atau Open Price di cash register CASIO. Untuk informasi juga, bahwa sistem Department di cash register CASIO telah aktif Open Price secara default. Jadi memang item Department bisa langsung transaksi penjualan harga manual maupun harga fixed price (harga yang sudah diprogram).

Akhir kata, demikianlah artikel Cara program open PLU Casio SE-S400 / PCR-T500. Bila ada pertanyaan ataupun tanggapan silakan langsung isi di kolom komentar. Saya akan berusaha secepat mungkin menanggapinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda para pengguna cash register, tentu saja merk CASIO khususnya. Kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya dan sudah membaca artikel ini. Silakan baca artikel kami menarik lainnya.

Baca juga :

Tutorial Program Header dan Footer CASIO SE-S400

Tutorial Cara Mengatasi Kode Error CASIO SE-S400

Advertisement

4 thoughts on “Cara Program Open PLU Casio SE-S400 / PCR-T500

  1. Selamat malam Pak,
    Mau tanya bagaimana cara setting Plu dengan harga 0 Rp? , setiap setting harga di kasih 0, gak bisa. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *