Review CCleaner Android
Review CCleaner Android

Review CCleaner, Benarkah Bisa Mempercepat Kinerja Smartphone? Mari Kita Buktikan

Diposting pada

Review Ccleaner, Benarkah Bisa mempercepat Kinerja Smartphone? Mari kita buktikanSiapa yang tidak kenal dengan aplikasi CCleaner. Aplikasi pembersih file sampah dan pelega ruang memori penyimpanan ini sangat terkenal di kalangan para pengguna PC dan MAC. Seiring dengan perkembangan Android yang semakin maju pesat maka CCleaner juga dirilis di sistem operasi ini.

CCleaner tersedia dalam versi gratis dan juga premium. Untuk pertama kali download, kamu akan mendapatkan versi gratis. Jika ingin upgrade ke versi premium dapat membayar biaya berlangganan yang akan selalu ditawarkan saat kita membuka aplikasi ini. 

Review Ccleaner, Benarkah Bisa mempercepat Kinerja Smartphone?

Fitur CCleaner

Pihak Piriform sebagai pembuat aplikasi CCleaner ini dalam halaman resmi Playstore menyebutkan fungsi-fungsi dari aplikasi ini yaitu: 

  • pembersih media penyimpanan 
  • pembersih memori RAM 
  • dapat mengoptimalkan performa 
  • analisis media penyimpanan 
  • pengelola aplikasi 
  • pemantau sistem

Baca juga: Review File Manager Terbaik dari Asus

 

Prinsip Kerja

Jika pada sistem operasi Windows maupun Mac kita telah mengetahui kegunaan dari CCleaner, yaitu dapat membuat PC yang lemot menjadi lebih meningkat performanya. CCleaner bekerja dengan membersihkan file sampah yang sudah tidak terpakai di sistem operasi maupun di sistem penyimpanan. CCleaner dapat menghapus cache aplikasi, thumbnail cache, riwayat browser, log files, konten clipboard, riwayat panggilan, dan sejenisnya. 

Begitu juga dengan aplikasi yang sudah di uninstall, sebenarnya masih menyimpan sisa-sisa folder dan file file tidak berguna yang masih tersimpan. Dengan adanya aplikasi ini kamu dapat membersihkan file-file yang sudah tidak terpakai tersebut. Sehingga tidak heran aplikasi CCleaner sangat populer di sistem operasi Windows dan Mac.

CCleaner di Android

Bagaimana dengan sistem operasi Android, apakah betul CCleaner ini dapat mempercepat kinerja smartphone Android? Jika kamu mencari referensi dengan menjelajahi internet tentang review aplikasi CCleaner ini, beberapa menyebutkan bahwa sepertinya kinerja smartphone mereka dirasakan lebih meningkat tapi tidak dirasakan signifikan.

Beberapa orang lainnya ada yang ragu-ragu karena sepertinya kinerja smartphone mereka setelah dibersihkan dengan aplikasi CCleaner ini sepertinya sama saja, tidak ada perubahan. Dan ada juga yang berkomentar bahwa aplikasi CCleaner ini hanya dapat melegakan ruang penyimpanan dan RAM, klaim mempercepat kinerja smartphone menurut mereka hanyalah gimmick marketing.

Advertisement

Nah, melalui artikel ini saya ingin berbagi pengalaman saya pribadi yang telah menggunakan aplikasi CCleaner ini di smartphone Android saya. Saya telah mencobanya di smartphone Xiaomi Redmi Note 5 milik saya sendiri. Smartphone ini berchipset Snapdragon 636 yang memang sangat populer di zamannya. Kebetulan Redmi Note 5 milik saya memiliki spesifikasi memory RAM/ROM 4/64 GB. 

Baca juga: 

 

Pengalaman pribadi menggunakan CCleaner

Pengalaman saya menggunakan Smartphone ini awalnya lancar-lancar saja. Kinerja Smartphone berchipset Snapdragon 636 ini saya suka. Lancar jaya meskipun sudah banyak aplikasi yang terpasang. Saya sering mencoba memasang banyak aplikasi yang saya download melalui Google Play Store. Jika saya tidak cocok dengan aplikasi tersebut saya uninstall, begitu seterusnya. Saya sangat sering instal dan uninstal banyak aplikasi maupun game.

Setelah pemakaian hampir 1 tahun baru saya rasakan kinerja Redmi Note 5 saya mulai  menurun. Membuka aplikasi terasa lebih lama, kadang muncul lag dan juga hang meskipun termasuk jarang sekali terjadi. Puncaknya adalah saat anak kedua saya yang berumur hampir 5 tahun sudah mengetahui  kode PIN dari aplikasi AppLock smartphone saya.

Saat itu hari libur dan kebetulan saya tinggalkan Redmi Note 5 saya di rumah, sementara saya pergi keluar sebentar. Dan begitu saya tiba di rumah ternyata anak saya telah menginstal banyak sekali game di Redmi Note 5 saya. “Waduhh.. PR nih” (gumam saya dalam hati). 

Dari situlah mulai amat terasa kinerja smartphone saya jauh menurun. Membuka aplikasi semakin terasa lama, contoh membuka aplikasi Yahoo Mail butuh waktu 5 sampai 10 detik. Bahkan saat mengetik WhatsApp ataupun menjelajah di Google, terasa lag yang mengganggu sampai saya merasakan kurang nyaman. 

Sebelumnya untuk membersihkan ruang memori dan RAM, saya biasanya memakai aplikasi pembersih bawaan MIUI dari Xiaomi. Dan saya rasakan kinerja smartphone saya tidak ada perubahan, masih lambat dan terasa lag yang begitu mengganggu. Kemudian saya menginstal aplikasi CCleaner dari Google Play Store.

Baca juga: 

 

Tes CCleaner 

Pengalaman menggunakan aplikasi cleaner Ini pertama kali tidak ada kesulitan karena sangat mudah digunakan. Pertama saya tidak langsung tes pembersihan menggunakan CCleaner, melainkan melakukan pembersihan dengan menggunakan aplikasi pembersih file sampah bawaan dari Xiaomi. Saya coba bersihkan sampai dua kali untuk memastikan tidak ada lagi file sampah yang terdeteksi oleh aplikasi pembersih bawaan Xiaomi. 

Kemudian saya mulai membuka CCleaner, begitu terbuka halaman awal langsung tekan tombol ANALISIS. Lalu aplikasi CCleaner akan mulai memproses analisa storage dan RAM.  Saya tunggu sampai proses pencarian 100% sambil saya menikmati iklan-iklan yang muncul di halaman aplikasi ini. Karena CCleaner ini aplikasi gratis maka wajar jika muncul iklan saat kita menggunakannya. 

Setelah proses ANALISIS selesai, ternyata CCleaner dapat mendeteksi file tersembunyi (maksudnya yaitu file-file sampah) sebesar kurang lebih 600 MB. Padahal sebelumnya aplikasi pembersih bawaan dari Redmi Note 5 saya sudah tidak mendeteksi file sampah lagi. Tapi ternyata CC Cleaner masih dapat menemukan file sampah tersembunyi sebesar kurang lebih 600 MB. Wow.. ternyata lumayan hebat juga aplikasi CCleaner ini.

Sedangkan aplikasi pembersih file bawaan Xiaomi tidak mampu mendeteksinya. Dan selanjutnya untuk mengoptimalkan kinerja Redmi Note 5 saya, tidak langsung digunakan tapi saya restart smartphonenya agar terasa lebih fresh. 

Baca juga: 

 

Apakah terbukti? 

Bagaimana hasilnya? Saya langsung mengetes Redmi Note 5 saya dengan mengunakannya seperti rutinitas biasa. Jujur, ternyata saya merasakan peningkatan kinerja pada smartphone Redmi Note 5 saya. Saat mengetik WhatsApp dan pencarian di Google saya rasakan lag terasa jauh berkurang. Jadi Berdasarkan pengalaman saya pribadi langsung, CCleaner selain dapat  melegakan ruang memori, ternyata dapat juga meningkatkan kinerja smartphone kita. 

Tips dari saya

Walaupun kinerja Redmi Note 5 saya setelah dibersihkan dengan CCleaner tidak secepat smartphone baru, saya cukup bersukacita smartphone saya masih enak digunakan kembali. Ya tentu saja berbeda pasti, jangan disamakan dengan kinerja smartphone baru. Jika kamu ingin smartphone kamu benar-benar fresh seperti smartphone baru ya kamu harus melakukan reset factory. 

Biasanya setelah itu saya rutin seminggu sekali membersihkan file-file sampah smartphone Redmi Note 5 saya. Atau di saat saya merasakan kinerja smartphone mulai menurun saya langsung melakukan pembersihan dengan aplikasi CCleaner.

Demikian review aplikasi CCleaner berdasarkan pengalaman pribadi saya. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya dan jangan lupa baca artikel menarik saya lainnya.

Baca juga: 

Advertisement

4 thoughts on “Review CCleaner, Benarkah Bisa Mempercepat Kinerja Smartphone? Mari Kita Buktikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *